RSS

TUGAS 1 IBD

28 Mar

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

1.  UNSUR-UNSUR PEMBANGUN MANUSIA

Dua pandangan yang dijadikan acuan acuan untuk menjelaskan unsure-unsur yang membangun manusia.

a) Manusia terdiri dari 4 unsur :
Jasad : badan kasar manusia yang nampak dari luar, menempati ruang dan waktu
Hayat : mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak
Ruh : bimbingan dan pimpinan Tuhan
Nafs : dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri

b) Manusia Sebagai Satu Kepribadian Mengandung 3 Unsur :
ID, kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak; merupakan libido murni, berkembang secara internal dalam diri individu
EGO, sebagai kepribadian eksekutif karena peranannya dalam menghubungkan energi ID dalam saluran sosial yang dapat dimengerti orang lain, berkembang secara internal dalam diri individu
SUPER EGO, struktur kepribadian yang paling akhir, terbentuk dari lingkungan eksternal, merupakan kesatuan standar-standar moral.

 

2. HAKEKAT MANUSIA

a) Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh;

b) Makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna jika dibandingkan makhluk lainnya, misalnya :
Perasaan Intelektual
Perasaan Estetis
Perasaan Etis
Perasaan Diri
Perasaan Sosial
Perasaan Religius

c) Makhluk biokultural, yaitu makhluk hayati yang budayawi;

d) Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

 

3. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Francis L.K Hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi. ilmu psikologi, ilmu iilsafat dan kesusastraan cina klasik. Karya lulisnya berjudul Psychological Humcoslalis Cina Klasik. Majalah American Anthmpologist, jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24.

Ilmu psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakal Barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting. biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembalasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.

Sampai sekarang, ilmu psikologi di negara-negara Barat itu terutama mengembangkan konsep-konsep dan teori-leori mengcnai aneka warna isi jiwa, sena metode-melode dan alat-alat untuk menganalisis dan mcngukur secara detail van’asi isi jiwa individu itu. Sebaliknya. ilmu itu masih kurang mengembangkan konscp-konsep yang dapai menganalisis jaringan berkait antara jiwa individu dan iingkungan Sosial budayanya.

Untuk menghindari pendekatan lerhadap jiwa manusia hanya scbagaì subyek yang terkandung dalam batas individu yang terisolasi, maka Hsu lelah mengembangkan suatu Konsepsi, bahwa dalam jiwa manusia sebagai mahluk Sosial budaya itu mengandung delapan daerah yang seolah-olah sepeni lingkaran-lingkaran konsemn’s sekitar diri pribadi.

Berikut ini merupakan contoh dari bagan Psiko-Sosiogram manusia:

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Diambil dari buku “Mentalitas dan Pembangunan”

Nomor 7 dan 6 disebut sebagai daerah tak sadar dan sub sadar. Tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri. Sub sadar karena sewaktu – waktu unsur – unsur yang sudah tertanam bisa meledak keluar lagi dan mengganggu kebiasaan sehari – hari.

Nomor 5 disebut kesadaran yang tidak dinyatakan. Maksudnya pikiran – pikiran dan gagasan yang ada disimpan sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat mengetahuinya. Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan. kebalikan dari nomor 5, ini berarti manusia mengungkapkankepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya.

Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib. Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan. Tidak selalu manusia yang lain juga melainkan benda, atau makhluk hidup lain pun bisa berada pada lingkaran ini. Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli.

Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal. Nomor 0 disebut lingkungan dunia luar yang berarti tentang pendapat dan pikiran seseorang tentang dunia atau daerah yang belum pernah dikunjungi atau dijumpai.

4. PENGERTIAN KEBUDAYAAN

  • Menurut E.B. Taylor (1871); Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat;
  • Menurut Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat;
  • Menurut Sutan Takdir Alisyahbana; Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir;
  • Menurut Koentjaraningrat, Kebudayaan adalah keselurahan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil pekertinya;
  • Menurut A.L. Krober dan C. Kluckhon; Mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.
  • Menurut C.A. Van Peursen mengatakan bahwa dewasa ini kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap kelompok orang-orang yang berlainan dengan hewan-hewan, maka manusia tidak hidup begitu saja ditengah alam, melainkanselalu mengubah alam;
  • Krober dan Kluckhon mendefinisikan kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yangdiperoleh dan terutama diturunkan oleh simbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk di dalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi dan cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.

 

5.  UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

Beberapa orang sarjana, telah mencoba merumuskan unsure-unsur pokok kebudayaan, misalnya:

a)      Menurut Melville J. Herkovits, terdiri dari 4 unsur, yaitu :

  • Alat teknologi
  • Sistem ekonomi
  • Keluarga
  • Kekuatan politik

b)      Menurut Bronislaw Malinowski terdiri dari :

  • Sistem norma
  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan
  • Organisasi kekuatan

c)      Menurut C. Kluckhon, terdiri dari 7 unsur, yaitu :

  • Sistem religi
  • Sistem organisasi kemasyarakatan
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi
  • Sistem teknologi dan peralatan
  • Bahasa
  • Kesenian

 

6.  WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut dimensi wujudny, kebudayaan mempunyai tiga wujud :

  • Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia :

Wujud ini disebut system budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat dan berpusat kepada kepala-kepala manusia yang menganutnya,

  • Kompleks aktivitas :

Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat konkret, dapat diamati atau diobservasi, wujud ini sering disebut system social.

  • Wujud sebagai benda :

Aktifitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sabagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuan

 

7.  ORIENTASI NILAI BUDAYA

Menurut C. Kluckhon ( variations in value orientation tahun 1961) terdapat 5 masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :

  • Hakekat hidup manusia (MH)

Hakekat hidup unutuk setiap kebudayaan berbeda swcara ekstern; ada yang berusaha untuk memadamkan ada pula yang dengan pola-pola kelakuan tertentu menganggap hidup sebagai suatu hal yang baik “mengisi hidup”

  • Hakekat karya manusia (MK)

Setiap kebudayaan hakekatnya berbeda-beda, diantaranya ada yang beranggapan bahwa karya bertujuan unutuk hidup, karya memberikan kedudukan atau kehormatan

  • Hakekat waktu manusia (WM)

Hakekat waktu untuk setiap kebuyaan berbeda, ada yang berpandangan mementingkan orientasi masa lampau, ada pula yang berpandangan untuk masa kini atau masa yang akan dating

  • Hakekat alam manusia (MA)

Ada kebudayaan yangh menganggap manusia harus mengeploitasi alam atau memanfaatkan alam semaksimal mungkin, ada pula kebudayaan yang beranggapan manusia harus harmonis dengan alam dan manusia harus menyerah kepada alam.

  • Hakekat hubungan manusia (MN)

Dalam hal ini ada yang mementingkan hubungan menusia dengan manusia, baik secara horizontal (sesamanya) atau secara vertical (orientasi kepada tokoh-tokoh)

 

8.   PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Terjadinya gerak / perubahan ini disebabkan oloh beberapa hal :

a)      Sebab- sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri misalnya : perubahan jumlah dan komposisi penduduk

b)      Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup

Faktor Yang Mempengaruhi Diterima Atau Tidaknya Unsur Kebudayaan Baru, Diantaranya :

  • Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak denagn kebudayaan dari luar;
  • Pandanagan hidup dan nilai-nilai yang dominant dalam suatu budaya ditentukan oleh nilai-nilai agama;
  • Corak struktur sosial masyarakat menentukan proses kebudayaan baru;
  • Apabila unsur baru dapat dengan mudah dibuktikan kegunaannya oleh warga masyarakat.

 

9.  KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan dengan dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain. Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap, yaitu :

  • Eksternalisasi, proses manusia dengan dirinya dengan membangun dunianya
  • Obyektivasi, kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia
  • Internalisasi, proses manusia dengan masyarakatnya sendiri

Apabila manusia melupakan bahwa masyarakat adalah ciptaan manusia, dia akan menjadi terasing atau tealinasi (Berger dalam terjemahan M.Sastrapratedja, 1991 ;hal : xv). Manusia dan kebudayaan, atau manusia dan masyarakat, oleh karena itu mempunyai hubunbgan keterkaitan yang erat satu ama lain. Pada kondisi yang sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap keberadaan keduanya harus menyertakan pembatasan masalah dam waktu agar penganalisaan dapat dilakukan denagn lebih cermat.

Refferensi :

 

 
Leave a comment

Posted by on March 28, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: