RSS

MAKALAH ISD Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat

17 Nov

Image

Image

KATA PENGANTAR

Image

Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat, ini dengan tepat pada waktunya.

Dengan selesainya makalah ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua penulis yang telah memberikan dorongan meteri, mental dan spiritual serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan saran dan pendapat yang mempunyai sifat membangun.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa pembuatan makalah ini belum sempurna dan masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat penulis harapkan. Akhirnya saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dorongan semangat untuk menyelesaikan makalah ini sehingga bermanfaat bagi pembaca dan umumnya.

 

DAFTAR ISI

 

Pernyataan…………………………………………………………………………………………………..             1

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………….             2

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………..             3

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang………………………………………………………………………………….             5

2. Tujuan……………………………………………………………………………………………..             8

3. Sasaran…………………………………………………………………………………………….           10

BAB II PERMASALAN

1. Kekuatan (Strength)………………………………………………………………………….           11

2. Kelemahan (Weakness)………………………………………………………………………           11

3. Peluang (Oporunity)………………………………………………………………………….           12

4. Tantangan/Hambatan (Threats)……………………………………………………………           12

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. Kesimpulan………………………………………………………………………………………           14

2. Rekomendasi……………………………………………………………………………………           15


BAB I

PENDAHULUAN

  1. 1.       Latar Belakang  

Dewasa ini perkembangan teknologi sudah berkembang sedemikian cepat, dalam kehidupan sehari-hari pasti erat kaitannya dengan penggunaan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi informasi, sudah sangat pesat kemajuannya semenjak ditemukannya komputer pada era tahun 1950-an. Hal ini semakin mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi dengan manusia lainnya. Dalam hal berkomunikasi, setiap orang pasti memerlukan informasi, baik itu memberi atau menerima informasi. Teknologi yang digunakan khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Teknologi informasi ini bisa berupa media massa, tv, radio, internet, serta jejaring sosial misalkan facebook dan twiter yang ada di internet. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seolah-olah dunia ini ibarat ruang tanpa batas. Masyarakat dari berbagai negara di dunia dapat melakukan komunikasi dan berbagi informasi tanpa melihat ruang dan waktu.

Adanya kemajuan dalam perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku masyarakat ini akan semakin jelas terlihat pada jaman sekarang dibandingkan dengan jaman dulu. Masyarakat jaman dahulu dapat melakukan komunikasi dengan orang lain mungkin dengan cara mengirim surat untuk sekedar memberi kabar kepada orang lain yang jauh tempatnya. Berbeda dengan jaman dahulu, pada jaman sekarang ditengah gencar-gencarnya era globalisasi,  masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan komunikasi, bisa dengan sms, telepon, kirim email, chatting, dan lain sebagainya.

Terlepas dari segala macam kontroversinya, boleh diakui masyarakat masa kini tak bisa lepas dari teknologi dan  internet. Internet bisa menguntungkan namun terkadang bisa juga merugikan. Empat puluh tahun sejak ditemukan, internet terus berevolusi.

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu.

Teknologi Komunikasi adalah sarana dimana dapat disimpan,diolah sehingga terjadinya persamaan persepsi dan tindakan.teknologi ini bertujuan untuk menghubungkan persepsi satu dengan yang lainnya yang dapat diterima secara global.

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya. Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada kelompok tersebut. Masyarakat adalah sebuah komuintas yang interpenden (saling bergantung satu  lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Dari definisi di atas, dapat di simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling bergantung satu sama lain. Di sini kita dapat mnenyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerlukan bantuan dari orang lain dan di tuntut untuk menjalin.

Keadaan masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, cenderung tidak dapat  pisahkan dengan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya teknologi informasi dan komuikasi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara global. Karena teknologi yang sudah semakin canggih saat ini, sudah memungkinkan masyarakat merambah dunia internasional dengan adanya fitur-fitur penunjang komunikasi.

Dampak Positif dari munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah dibantu perangkat yang  semakin berkembang dan praktis.

2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.

3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya teknologi informasi.

4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet.

5. Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melaui internet.

6. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui handphone.

7. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

 

 

      Dampak Negatif dari munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.

2. Munculnya budaya plagiarisme.

3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut ‘copast’ copy paste.

4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.

5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2.      Tujuan

Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK. Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan. Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan  yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

  1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
  2. Memotivasi kemampuan  kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
  4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.

 

  1. 3.      Sasaran

Penulis menyusun makalah ditujukan kepada generasi muda dengan memberikan gambaran mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat. Sehingga dapat diperoleh pemahaman mengenai cara mengatasi perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial masyarakat.

 

 

BAB II

PERMASALAHAN

 

Analisis pemasalahan perilaku sosial antara kelompok pelajar dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

  1. 1.      KEKUATAN (Strength)
  2. Pada bidang politik, media dan perkembangan teknologi komunikasi terlihat jelas dalam keterkaitan
  3. Bidang ekonomi turut mendapatkan pengaruh dari perkembangan teknologi komunikasi. Hadirnya berbagai inovasi dan teknologi komunikasi baru memunculkan media-media baru di masyarakat. Jumlah media yang semakin besar ini tentunya mampu berdampak terhadap ekonomi. Terjadi keharmonisan berbudaya yang dapat menjadikan informasi positif
  4. Kemampuan teknologi komunikasi seperti media internet yang mengaburkan batas antar negara menjadikan masyarakat suatu negara mampu melakukan interaksi dengan masyarakat negara lainnya
  5. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb.
    1. 2.      KELEMAHAN (Weakness)
    2. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
    3. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
    4. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government.
    5. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
      1. 3.      PELUANG (Opportunity)
      2. Lingkungan Hidup.TIK dapat memberikan efisiensi kerja. TIK memungkinkan orang bekerja dari rumah tanpa harus menggunakan transportasi ke tempat kerja. Rapat dan komunikasi dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga menurunkan produksi polusi udara. Komputasi kerja optimal suatu sistem memungkinkan sistem tersebut menghemat energi dan biaya. Paperless office menghemat penggunaan kertas.
      3. Bidang Pengembangan Masyarakat. TIK dapat dimanfaatkan oleh suatu komunitas untuk membangun komunitas tersebut.
      4. Kesehatan. Sistem informasi rumah sakit digunakan untuk mengefisienkan kinerja administrasi rumah sakit (RS) sehingga respon terhadap pasien lebih cepat. Rekam medis pasien menolong dokter mendiagnosis penyakit pasien. Internet dan media sosial digunakan sebagai kampanye AIDS. IT Ministry juga telah melakukan program yang mendukung RSUB Singkawang melalui instalasi sistem jaringan komputer di RS tsb
      5. Bidang Politik dan Pemerintahan. Bidang politik pun tidak lepas dari penggunaan TIK. Media sosial seperti Facebook dan Twitter digunakan sebagai media kampanye pada pemilu presiden di AS. Pemilu di sana juga telah menggunakan E-Voting. Penggunaan E-Government meningkatkan layanan masyarakat dan komunikasi pemerintah-masyarakat
        1. 4.      TANTANGAN / HAMBATAN (Threats)
        2. a.       Pemerintah yang kurang sigap dan siap dalam menerapkan sistem TIK dengan lebih baik. Seperti diketahui bahwa lembaga pemerintah saat ini masih banyak menggunakan cara lama dalam proses informasi dan komunikasi, juga dalam institusinya masih banyak juga para pegawai dan karyawannya yang tidak memaksimalkan kemudahan TIK ini.
        3. Tingkat pendidikan yang rendah di bidang TIK dan kurangnya tenaga ahli. Misalnya dari [5], didapati bahwa dari dosen pengajar di perguruan tinggi hanya sebagian kecil yang berpendidikan S3. Hal ini menunjukkan masih rendahnya kualitas pengajar perguruan tinggi di bidang TIK. Secara ideal, jumlah dosen dengan pendidikan S3 harus lebih banyak dibanding S2, dan tidak ada dosen berpendidikan S1
        4. Selain kondisi infrastruktur, tingkat pendidikan, dan ketersediaan tenaga ahli, kondisi eksternal juga mempengaruhi, seperti kejelasan hukum, tingkat korupsi yang tinggi, budaya membajak, dan budaya konsumerisme.
        5. Kurangnya infrastruktur TIK. Tanpa infrastruktur, peran vital dari TIK tidak bisa diharapkan. Tidak adanya infrastruktur seperti memiliki sistem distribusi listrik tanpa kabel.

 

 

  1.  

BAB III

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

  1. KESIMPULAN

Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan :

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Dampak Positif dari munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah dibantu perangkat yang  semakin berkembang dan praktis.

2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.

3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya teknologi informasi.

4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet.

Dampak Negatif dari munculnya Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.

2. Munculnya budaya plagiarisme.

3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut ‘copast’ copy paste.

4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.

5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.

 

  1. 2.      REKOMENDASI
  2. Pada bidang politik, media dan perkembangan teknologi komunikasi terlihat jelas dalam keterkaitan informasi sebagai kekuatan. Informasi yang berada dalam media dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk mengendalikan masyarakat. Hal ini menunjukkan adanya unsur politis di balik penggunaan suatu media. Misalnya adalah pada masa lalu media cetak digunakan untuk kepentingan politis agama.
    1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

 

  1. Bidang Pengembangan Masyarakat. TIK dapat dimanfaatkan oleh suatu komunitas untuk membangun komunitas tersebut. Community Informatics adalah bidang disiplin ilmu yang bergerak di bidang ini. Misal: sistem basis pengatahuan untuk menolong petani bercocok tanam. IT juga memiliki program community development di Singkawang yaitu mendidik siswa-siswa asrama GPIBI agar dapat mengoperasikan komputer dan menggunakan OpenOffice.
  2. Kurangnya infrastruktur TIK. Tanpa infrastruktur, peran vital dari TIK tidak bisa diharapkan. Tidak adanya infrastruktur seperti memiliki sistem distribusi listrik tanpa kabel. Penetrasi infrastruktur TIK di Indonesia tidak merata. Sebagian besar masih di domininasi oleh pulau Jawa. Ini membuat pemanfaatan TIK di daerah luar Jawa menjadi lebih sulit.

Refferensi :

 
Leave a comment

Posted by on November 17, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: